Antusiasme UMKM Magelang merespon domain ID gratis

Terhitung sejak tanggal 19 Agustus 2017 lalu dimana Relawan TIK Magelang merilis dalam website-nya ihwal program 1 juta domain ID gratis. Masuki akhir September ini puluhan pelaku UMKM Magelang merespon positif untuk dapat memanfaatkan program tersebut.

Perlu untuk diketahui khalayak, sebenarnya program 1 juta domain ID gratis merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di Internet¹.

Tak ingin mogol (setengah matang) dalam sosialisasi dan pendampingan, Relawan TIK Magelang secara intensif menyusun program dengan target 50 UMKM Magelang go online, dan 20 penggunanya berhasil melakukan transaksi pasca website yang mereka miliki dirilis dalam jangka waktu 3 bulan.

Pelatihan #01

Sebagai tindak lanjut dari program 1 juta domain ID gratis, pada hari Ahad (17/09) pelatihan dan sosialisasi bertajuk “Pelatihan #01 GRATIS! Satu Juta Domain Untuk Magelang” digelar.

Bertempat di Rumah Makan Pinang tiga, Jl. Mangkubumi, Kota Magelang. Acara yang menghadirkan pembicara Denden Sofiudin (Dobelden) selaku Fasilitator 1 juta domain wilayah Jawa Tengah, dihadiri sekurangnya 16 UMKM dengan bidang usaha yang beragam dari mulai kuliner, pakaian, hingga penginapan dan jasa.

Suasana ramah tamah UMKM Magelang dengan Relawan TIK di gasebo Rumah Makan Pinang Tiga (17/09)

Berawal dari ramah tamah di gasebo pojok sebelah sasana boga, acarapun dimulai sekitar jam 2 siang setelah rombongan peserta yang hadir hijrah ke ruang sebelah yang telah disediakan berpelengkap proyektor dan audio sebagai pendukung apa yang hendak dipaparkan pembicara.

Berjalan sesuai dengan rencana pun sempat audio ngambek beberapa kali. Semua kendala kecil yang ada tak menyurutkan pelaku UMKM untuk menimba ilmu dan wawasan seputar e-commerce dan bagaimana mendapatkan domain ID (website gratis, domain + hosting).

Bonus yang ditunggu-tunggu peserta tiba. Setelah sosialisasi rampung dan masuk ke sesi tanya jawab, beberapa UMKM bersegera melakukan registrasi untuk mendapatkan domain ID. Butuh kesabaran ekstra, karena beberapa persyaratan lainnya harus segera dipenuhi seperti; data diri (KTP), foto produk yang dimiliki, nama dan keterangan pendukung termasuk harga dan penjelasan produk.

Tak kalah penting nama usaha dan lamat domain, disertai tagline yang unik serta menarik ikut andil besar dalam menaikkan nilai jual suatu produk.

Fakta Berbicara

Sembari melakukan pendaftaran domain, Relawan TIK selaku panitia acara membagikan quesioner yang berisi beberapa hal terkait apa harapan dari pelatihan yang ada ? Apakah pendampingan bagi UMKM untuk go online diperlukan ? Dan beberapa pertanyaan lainnya yang saling berkaitan termasuk saran dan kritik untuk Relawan TIK Magelang.

Darinya secara menyeluruh mendekati mumtaz (istimewa), seluruh peserta ingin acara serupa diadakan kembali. Sejurus, merekapun butuh pendampingan. Berapa kali ? sekurangnya 3 (tiga) bulan, dan bahkan ada yang mengisi quesioner dengan menulis; setiap waktu.

Atasnya kami melinai jika program 1 juta domain ID gratis merupakan langkah cerdas yang diinisiasi Kekominfo bersama pihak terkait lainnya, meskipun ide brilian ini tak hanya didedikasikan bagi pelaku usaha.

Yang jelas adanya website mampu mengenalkan produk pelaku usaha. Dengannya kepercayaan konsumen atas produk dapat semakin meningkat, yang hasilnya penjualan-pun dapat meningkat pula berbanding lurus dengan optimalnya pemanfaatan website yang dimiliki. Hal ini yang diharapkan hingga merekapun mampu menjadi pelaku usaha yang sukses, dan semoga menjadi nyata. Aamiin.


Catatan : ¹ Diadaptasi dari situs 1juta.id

Written by Ivan

Kuli desain paruh waktu, penikmat kopi hitam. Style berjenggot + celana cingkrang, pegiat Sistem Informasi Desa (SID) ini belajar banyak caranya hikmat dan memimpin lewat RT. Cie...cie....Pak RT :)

Website: http://www.abubilal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *