Bagaimana Nasib Relawan TIK setelah FESTIK 2016 Kemaren?

anggota relawan tik nusantara

Foto Relawan TIK Nusantara yang masih tersisa waktu penutupan acara

Dalam rangkaian FesTIK2016 ini menjadi sebuah ajang bertemunya relawan TIK dari seluruh Indonesia, pada kesempatan ini pula diadakan musyawarah nasional rtik pada hari kedua yaitu 17 september 2016. Musyawarah diadakan setiap tahunnya sekali bebarengan dengan festik, pada tahun ini diadakan di yogyakarta. Munas 2016 adalah munas spesial, kenapa? Karena ini adalah tahun berakhirnya kepengurusan rtik yang sudah berlangsung selama 5 tahun lamanya, sehingga akan ada pemilihan ketua umum dan kepengurusan dibawahnya.

Sayangnya kami anggota relawan TIK Magelang tidak bisa mengikuti munas ini, karena memang dalam ad/art hanya pengurus organisasi yang dapat mengikuti sekaligus memiliki hak suara memilih ketua umum. Dan pada akhirnya kami bersyukur munas dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan ketua umum baru yaitu Fajar Eridianto. Kami mengucapkan Selamat kepadanya, semoga RTIK Indonesia jauh lebih baik kedepannya, lebih bermanfaat pada masyarakat pada umumnya, mampu memberikan kontribusi kepada negara untuk kemajuan dunia teknologi informasi dan teknologi.

Sambutan Ketua Umum Lama Banyumurti (2011-2016)

Setelah adanya ketua umum selanjutnya diadakan konferensi semua anggota rtik di ruangan seminar di grhatama pustaka yogyakarta untuk serah terima jabatan sekaligus penutupan festik 2016. Ada beberapa sambutan dari ketua umum sebelumnya yaitu Banyu Murti yang perlu digaris bawahi bahwa terbentuknya rtik itu tahun 2011 dan mendapat dukungan dari diskominfo. Dimasa jabatannya selama 5 tahun tersebut beliau menyadari banyak sekali kekurangan, dan rtik ini menjadi sebuah harapan besar dari para anggota rtik untuk maju bersama. Bahwa RTIK luput dalam menguatkan internal organisasi. terlanjur besar, pondasinya masih rapuh. Namun beliau yakin dengan kelebihan anggota tentang awareness sebagai modal utama, tinggal memberikan pondasi yg kuat, sehingga berharap dengan ketua umum yang baru mampu menguatkan internal.

Dalam kepemimpinan Banyumurti bisa dikatakan berhasil karena 2 poin yang beliau fokusnya tercapai,

1. branding: mencintrakan rtik ini organisasi yg independen dan mampu memberi kontribusi pada negara
2. bridge: mampu menampung semuanya keahlian , banyak masyarakat yg membutuhkan keahlian angota rtik didunia IT.

Beliau juga mengatakan RTIK berhasil karena banyak pihak lain yang sudah bersinergi dengan RTIK, sebagai contoh adalah deskominfo. Dan tanpa Ketua pun RTIK Wilayah dapat berjalan sendiri, karena asas relawan dan ingin berbagi kepada sekitar.

ketua relawan tik indonesia 2016

Pemilihan ketua umum relawan tik 2016-2018 – Zarkasi-Fajar Eridianto-Banyumurti-Said Hasibuan-Arman Satari

7 Poin penting yang disampaikan Ketua Umum Fajar Eridianto

Dalam acara penyerahan jabatan ini juga Ketua Umum baru Fajar Eridianto menyampaikan beberapa perubahan ad/art dan susunan kepengurusan dibawahnya.  Berikut poin-poinnya:

  1. Tahun depan Munas bisa dihadiri anggota, meskipun tidak memperoleh hak suara, minimal dapat mengikuti proses terbentuknya kepengurusan baru.
  2. Membuat group baru untuk rtik indonesia sebagai media komunikasi antar anggota dan pengurus
  3. Masa jabatan kepengurusan dari 5 tahun menjadi 2 tahun
  4. membuat platform agar kerja rtik bisa terlihat dan diakui dan efektif
  5. RTIK 2 tahun kedepan berbasis kegiatan, bukan berbasis ketua daerah, wilayah. Kegiatan adalah barometer siapa penguasa wilayah itu, yg tidak aktif secara organisasi akan terdelete
  6. Wajib sosial preneur, mendampingi masyarakat, jangan jadikan rtik sebagai mesin uang, tp gunakan untuk membiayai kegiatan
  7. Ada pembaharuan ad/art yg simple, ini masih digodok dari bidang ad/art, salah satunya rtik mandiri

Organisasi Berbasis Kegiatan

RTIK saat ini yang akan lebih diutamakan adalah kegiatan dan diperkuat oleh

  • literasi,
  • penilaian akan kegiatan,
  • publikasi,
  • humas

Struktur Organisasi RTIK 2016-2018

Ketum: Fajar Eridianto
Sekjen: Said Hasibuan

  • sekretariatan
  • organisasi
  • advokasi
  • hukum

Ketua Satu

  • kemitraan
  • literasi (masuk sekolah, komunitas)
  • humas
  • publikasi

Ketua Dua (Arman)

  • merancang program nasional tiap awal bulan
  • linkbank (kompetisi internal)

Ketua Harian
Dapat hadir disemua permintaan semua rtik daerah, jika diminta.

Target Jangka Pendek

  • awal bulan punya struktur baru, oktober
  • november, sudah punya apps
  • anggota wajib install rtik apps
  • desember sudah punya dasboard
  • melengkapi keanggotaan,resubmit.
  • ada meeting online setiap minggu.

Video Serah Terima Jabatan Kepengurusan RTIK Indonesia 2016

Harapan kami sebagai RTIK Wilayah, semoga dengan adanya kepengurusan baru, internal rtik lebih matang, lebih powerfull, sehingga akan lebih efektif kita dalam melangkah sesuai dengan visi misi rtik indonesia.

Written by Arif Wahyu

Blogger Magelangan yang jadi full Internet Marketing (Netpreneur) sejak tahun 2011-2017. Sekarang mengabdikan ilmunya di sekolah TIK dan masih ber-Netpreneur ria. Aktif dalam komunitas, anthusias menebar kebaikan via Teknologi Informasi.

Website: http://arifwahyu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *