Relawan TIK Magelang kembali sosialisasikan program 1 juta domain ID gratis untuk pelaku UMKM

Dengan target 50 UMKM Magelang go online dan 20 penggunanya mampu melakukan transaksi melalui website di bulan ketiga, Relawan TIK Magelang kembali menyelenggarakan sosialisasi program 1 juta domain ID gratis bagi pelaku UMKM di wilayah Magelang dan sekitarnya, setelah melakukan perencanaan yang matang dibarengi komunikasi intens antar sesama anggota.

This slideshow requires JavaScript.

Bukan di publik area atau rumah makan sebagaimana pada sesi pertama. Kegiatan yang dihadiri tak kurang dari 20 orang pada hari Ahad (08/10) bertempat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayatussibyan, Jl. Kali Bening, Jurangombo Selatan, Kota Magelang.

Arif Wahyu selaku Ketua RTIK Magelang dalam mukadimah acara memberikan wawasan terkait program 1 juta domain ID gratis lantaran lebih dari separuh peserta yang hadir adalah wajah-wajah baru yang minim informasi terkait hal yang hendak di sosialisasikan.

Menyambung apa yang telah disampaikan Ketua RTIK Magelang, Fasilitator 1 juta domain wilayah Jawa Tengah (Denden Sofiudin) yang hadir dalam kesempatan tersebut sebagai pemateri menjelaskan dengan lebih detail, bahwasanya program 1 juta domain ID gratis hadir dalam rangka mendorong tumbuhnya konten positif dan terpercaya serta mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Program ini merupakan bantuan pemerintah berupa pemberian domain dan hosting yang didedikasikan untuk UMKM, Sekolah, Pondok Pesantren, Komunitas dan Desa untuk 1 tahun secara gratis. “Informasi terakhir untuk desa.ID tidak masuk”, kata Denden.

Bekerjasama dengan Nawala, penerima domain dari pemerintah melalui Kominfo kali ini tidak dibuat ribet. Tanpa perlu mendesain website mereka dibuatkan satu paket website dengan hosting dan domain.

UMKM tugasnya hanya mengumpulkan data, foto produk dan administrasi pendaftaran seperti KTP, NPWP atau semisal.

Dikatakan Denden, semakin cepat temen-temen UMKM mengumpulkan data maka semakin cepat pula website temen-temen akan ready dan online.

“Semoga program ini dapat membantu menaikkan penjualan”, kata Susanti Catur Putri, seorang pekerja freelance kosmetik dan herbal asal Tampir Kulon, Magelang, yang ikut hadir dalam sosialisasi program 1 juta domain ID gratis ketika ditanya harapannya dengan acara yang ada. ***

Written by Ivan

Kuli desain paruh waktu, penikmat kopi hitam. Style berjenggot + celana cingkrang, pegiat Sistem Informasi Desa (SID) ini belajar banyak caranya hikmat dan memimpin lewat RT. Cie...cie....Pak RT :)

Website: http://www.abubilal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *