Relawan TIK Magelang rumuskan berbagai kegiatan di kopdar pertamanya

Eksistensinya selama beberapa waktu tak terlihat di Kota dan Kabupaten Magelang pun sebelumnya sempat menjadi salah satu bibit unggul harapan yang tumbuh untuk mengudukasi masyarakat melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Mencoba bangkit dari masa tidur panjangnya, Jum’at (08/09) sore Relawan TIK Magelang menggelar kopdar perdananya setelah ada penyegaran kepengurusan dimana kini di sosok muda berkaca mata dari daerah santri di lereng Gunung Merbabu bernama Arif Wahyu diberikan kepercayaan sebagai Nahkoda untuk membawa kapalnya kemana akan berlayar dan berlabuh.

Diskusi Kopdar #01 RTIK Magelang di Tenda Tengah Kuliner Kartika Sari, Kota Magelang (08/09).
(Photo : Lisin Ibnu Tamyis, bersumber Arif Wahyu)

Mengusung tema “Meluruskan semangat niat berbagi ilmu” kopdar yang bertempat di Tenda Tengah Kuliner Kartika Sari, Kota Magelang dihadiri sejumlah relawan, tersebut nama; Nas Kan (Srumbung), Hanafi (Karet Jurangombo), Lisin Ibnu Tamyis (Kajoran), Kukuh Setyawan (Kalinegoro), Arif Wahyu (Tegalrejo) dan Mas Ivan (Mertoyudan).

Beberapa peserta baru saja kenal. Pun begitu acara berlangsung santai penuh tawa serta kehangatan, yang mengalir mbayu mili tanpa sekat dan tedeng aling-aling dimulai jam 4 sore hingga menjelang waktu Maghrib tiba.

Dengan 3 (tiga) topik bahasan yang menjadi agenda sebagaimana dalam undangan., bumbu sumbang saran yang ditaburkan para relawan dalam diskusi berhasil meramu olahan istimewa dimana tercatat sebagai berikut;

1. Terkait kepengurusan, nantinya setiap kegiatan teragenda dengan baik, dan surat menyurat tercatat dengan tertib baik untuk event kopdar rutin, kegiatan bersama pihak ketiga, ataupun lainnya. Dalam hal ini merujuk pada tertib administrasi dan AD/ART organisasi.

2. Perlu adanya pemetaan kompetensi dan minat anggota untuk mengetahui bakat dan skill yang berhubungan dengan tugas masing-masing pengurus.

3. Organisasi perlu ada kantor sekretariat. Dan sementara alamatnya sesuai dengan tempat tinggal Arif Wahyu, dimana sembari jalan kita dapat usahakan kembali yang lebih strategis serta nyaman.

4. Relawan TIK Magelang saat ini masih abu-abu dalam kepengurusan. Karena Magelang ada wilayah Kota dan Kabupaten, sebagiknya dipersiapkan juga kepengurusan RTIK Kab. Magelang dan RTIK Kota Magelang pun secara defacto pegiatnya adalah orang yang sama.

5. Koordinator Relawan TIK Kabupaten Magelang Sdr, Naskan, dan Koordinator Relawan TIK Kota Magelang Sdr. Andri Budi Prasetyo.

6. Kegiatan rutin (Kopdar) sebulan sekali dilaksanakan pada pekan ketiga, dihari Jum’at, jam : 15.00 s/d 17.30 Wib (menyesuaikan).

  • Dalam acara Kopdar rutin setiap bulannya masing-masing anggota kejatahan PR untuk mengisi materi sesuai dengan minat, bakat dan potensi yang dimilikinya.
  • Dalam setiap Kopdar, masing-masing anggota mebuat catatan kecil terkait ide/gagasan untuk bahan diskusi dimana tema akan dilempar bersamaan dengan undangan acara/kegiatan Kopdar.
  • Tempat berlangsungnya Kopdar bergiliran (siapa yang siap) karena sekretariat (basecamp) tetap belum ada.
    7. Untuk kegiatan tahunan, seminar/workshop dan Lomba IT bisa diagendakan.

8. Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dalam hal edukasi, kedepan kita bisa sinergi dengan para pegiat Sistem Informasi Desa (SID) yang saat ini telah berjalan di beberapa desa di kabupaten Magelang.

Untuk 3 (tiga) bulan kedepan kita sementara fokus dengan program satu juta domain gratis, yang target (pangsa pasar) utamanya adalah pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dengan tahapan ;

  • Cari UMKM yang membutuhkan website dimana kita bantu dari sisi teknis.
  • Tawarkan program satu juta domain dan persyaratannya.
  • Berikan pelatihan bagaimana cara mengelola toko online (website, sosmed) dibarengi dengan teknis pemasaran, manajemendan unsur pendukung lainnya (photografi, videografi).
  • Rangsang mereka dengan kegiatan lomba/award.

9. Agenda selanjutnya ; Kopdar #02 dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 September 2017

  • Tempat : Kediaman Sdr. Kukuh Setyawan (Perum Laguna, Kalinegoro)
  • Acara : Nobar Gerobak Daring (UMKM), Saju juta domain gratis, dan diskusi.

10. Acara Fesbuk (Festival Buku) dilaksanakan menyusul menyesuaikan agenda dinas terkait.

Written by Ivan

Kuli desain paruh waktu, penikmat kopi hitam. Style berjenggot + celana cingkrang, pegiat Sistem Informasi Desa (SID) ini belajar banyak caranya hikmat dan memimpin lewat RT. Cie...cie....Pak RT :)

Website: http://www.abubilal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *