Sejarah RTIK Magelang

Relawan TIK adalah organisasi yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang bertujuan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan baik. Sesuai dengan namanya, organisasi ini beranggotakan para sukarelawan-sukarelawan yang berkegiatan tanpa honor, yah, sekedar mengharap ridho dan pahala dari Gusti Alloh semata.

Relawan TIK sudah mempunyai anak cabang organisasi yang terbagi dalam tiap-tiap wilayah, baik wilayah provinsi, maupun Kota/kabupaten, salah satunya adalah Magelang, yang mana Relawan TIK Magelang ini boleh dibilang masih-masih sangat hijau, karena baru berdiri beberapa hari yang lalu.

Gagasan untuk membentuk Relawan TIK Magelang ini muncul dari Kang Denden Sofiudin atau yang lebih dikenal sebagai Kang Dobelden, beliau adalah dedengkot Relawan TIK Cianjur yang ndilalah punya ikatan batin yang teramat kuat dengan Magelang. Melihat banyaknya manfaat yang didapat dari aktifitas Relawan TIK Cianjur, Kang Denden pun berinisiatif untuk mendorong berdirinya Relawan TIK Magelang.

Pada tanggal 14 Oktober 2014 lalu, Mas Dobelden Bersama dua rekannya, mas Dede Anto (qwords.com) dan Mas Irman Ariadi (Combine resource) datang ke Magelang dan mengumpulkan kawan-kawan blogger Magelang (Pendekar Tidar) untuk membahas tentang rencana pembentukan Relawan TIK Magelang.

Dalam rembug pertemuan yang diselenggarakan di warung makan Kuncung Bawuk dan dihadiri oleh beberapa blogger tersebut, disepakati akan ada pertemuan lanjutan dalam rangka pembentukan Relawan TIK Magelang.

Belum jua digelar pertemuan lanjutan, Ketua Relawan TIK, Fajar Eri Dianto malah menawarkan slot untuk pengukuhan Relawan TIK Magelang di sela-sela acara diskusi di event Jagongan Media Rakyat tanggal 25 Oktober 2014.

This slideshow requires JavaScript.

Relawan TIK Magelang pun akhirnya resmi dikukuhkan tanggal 25 Oktober 2014, padahal saat itu, Relawan TIK belum resmi dibentuk.

Dua minggu berselang pasca pengukuhan, tepatnya tanggal 8 November 2014, diselenggarakanlah rembugan lanjutan di Kedai Kopi Wayangan, depan Borobudur Golf (awalnya venue direncanakan di Warung makan Voor de Tidar, namun ternyata tutup). Dalam rembugan lanjutan inilah akhirnya disepakati terbentuknya Relawan TIK Magelang.

Dan kegiatan pertama yang dihelat oleh relawan TIK Magelang adalah event talkshow Kreatif dan Gaul dengan sosial Media dalam acara Festival Buku (Fesbuk) 2014 awal bulan November lalu yang bekerjasama dengan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar, Qwords.com, dan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Magelang.

Nah, begitulah sejarah singkat pembentukan Relawan TIK Magelang sodara-sodara. Besar harapan kami agar Relawan TIK Magelang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara baik dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *